Lightsworn Dino by Dary Hilmy Iswara

by Kevin Yohanes
Last Update: 14 November 2017 21:22:50
Share Share

Hi guys! Maaf sebelumnya admin sibuk beberapa minggu terakhir. Kembali lagi bersama rubrik deck di meta sekarang (Meta "SPYRAL"). Sebelumnya kita dah bahas "Magibullet" dan "Zefra", namun kali ini kita akan bahas "Lightsworn". Pada tanggal 9-10 Oktober 2017 (Kebayang gak berapa lama admin vakum :’) )terdapat qualifier untuk GT Xiao Ken (18 November 2017) di OSD. "Lightsworn" saudara Dary Hilmi berhasil memenangkan qualifier tersebut dan berhak berpartisipasi di GT Xiao Ken dengan cuma-cuma! Walaupun format TCG, tapi kreasi mas Dary ini tentunya bisa menjadi inspirasi juga buat teman-teman dalam mempersiapkan deck-nya untuk menghadapi YIC 2017 yang tinggal hitung hari lagi.

Pertama-tama Lightsworn menjadi pilihan mas Dary karena dia suka archetype tersebut dan nyaman dengan playstyle Lightsworn yang kasarnya adalah buang-buang kartu. Namun, untuk qualifier ini mas Dary mengkombinasikan Lightsworn dengan "Dinosaur". Hasilnya sangat memuaskan karena sinergi antara engine Dinosaur dan Lightsworn diantaranya adalah: (1) "Giant Rex" - "Gold Sarcophagus" kombo untuk easy "Minerva, the Exalted Lightsworn", (2) mill engine Lightsworn dan "Double Evolution Pill" untuk mengeluarkan "Ultimate Conductor Tyranno", (3) kombo flip face down "Shirayuki" + "Ultimate Conductor Tyranno". Decklist Lightsworn Dino mas Dary bisa disimak digambar berikut:

Hand trap yang dipilih mas Dary adalah Maxx "C" saja karena ini sajalah yang dia ada. D.D Crow dan Artifact Lancea menjadi pilihan juga namun karena metanya bukan SPYRAL (meta hari itu adalah Lightsworn, Infernoid, Zoodiac, dan Dinosaur) maka D.D Crow tidak dirasa urgent untuk diletakan di main deck dan pilihan ditetapkan kepada Maxx "C" saja. Pros dari sedikit hand trap adalah kalian akan mendapat chance lebih tinggi untuk membuka first turn kalian dengan lebih banyak kombo. Seperti yang kalian lihat, terdapat Raigeki dan Shirayuki di main deck karena ini adalah list TCG. Untuk list OCG mas Dary menyarankan untuk menukar Raigeki dengan Dark Hole dan memasukan D.D Crow untuk menggantikan Shirayuki. Opsi lain adalah meletakan "Kaiju" di main deck untuk mengatasi lock SPYRAL. Singkat cerita, deck Lightsworn Dino ini intinya adalah membuka game dengan Minerva, the Exalted Lightsworn mill + Ultimate Conductor Tyranno untuk flip face down dengan back up Shirayuki dan "Shiranui Spiritmaster" kombo untuk mengganggu play lawan. Jika field berhasil di-counter lawan maka Judgment Dragon akan turun di putaran berikutnya untuk men-counter lawan.

Pada YIC 2017 ini mas Dary berharap dapat bertemu dengan duelist pro dengan deck yang kuat dan full power sehingga dapat berlatih agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sekedar informasi YIC 2017 nanti LVP1 sudah legal untuk dipakai. Kehadiran kyrios sepertinya akan membuat deck Lightsworn semakin kuat. Salah satu kombo kyrios yang common bisa disimak di video berikut:

Morale of the story yang bisa kita ambil adalah mainkanlah deck yang sesuai dengan selera kita sehingga chemistry-nya dapat terbangun. Ketika chemistry-nya terbangun, maka hasil akan mengikuti. Sukses kepada mas Dary untuk GT Xiao Ken 18 November 2017!! Dan tentunya di YIC 2017 25-26 November 2017!

(by Dimas Adiputra)